Masa Orientasi Peserta Didik Baru

Masa Orientasi Peserta Didik Baru

Sabtu, 12 Maret 2011

LDKS OSIS 2010-2011

LDKS OSIS SMP NEGERI 1 MANYAR

     Setelah sekian lama tertunda karena berbagai kendala, akhirnya kegiatan LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA OSIS SMP NEGERI 1 Manyar periode 2010-2011 dapat dilaksanakan secara sukses pada tanggal 15 Januari 2011 bertempat di Aula dan Lapangan SMP Negeri 1 Manyar yang diikuti oleh calon Pengurus OSIS SMP NEGERI 1 Manyar periode 2010-2011.
     Kegiatan LDKS OSIS ini dilakukan dengan dua model kegiatan yaitu kegiatan di dalam ruangan berupa pemberian materi dari Pembina OSIS serta kegiatan di luar ruangan berupa Outbond yang dipandu instruktur dari Club Pecinta Alam. 
     Sejak jam 06.00 pagi para peserta LDKS sudah mulai berdatangan dengan menggunakan seragam biru putih sambil membawa seragam olahraga di tasnya, begitu bapak kepala sekolah SMP Negeri 1 Manyar tiba di tempat acara maka sekitar pukul 07.00 maka acarapun dimulai dipandu oleh dua MC dari pengurus OSIS periode 2009-2010 yaitu DELIYA PRABAWATI dan NURUL ARIFAH.


      Susunan acara pada kegiatan Pembukaan LDKS pagi itu adalah :
1. pembukaan    
    - dibuka dengan bacaan surat Al Fatiha oleh MC Deliya
Prabawati
                                                                                                                                           
2. Sambutan Ketua OSIS
-    disampaikan oleh Ketua OSIS SMPN 1 Manyar periode 2009-2010 yaitu Salafsyah Maulana selaku ketua pelaksana LDKS OSIS SMPN 1 Manyar

3. Sambutan Pembina OSIS
-    disampaikan oleh Bapak Taufiqur rohman, S.Pd selaku Pembina OSIS SMPN 1 Manyar sekaligus ketua Panitia LDKS OSIS SMPN 1 Manyar
-    Bapak pembina OSIS melaporkan sekaligus memaparkan tujuan, jumlah peserta dan jenis kegiatan LDKS hari itu, serta memohon bapak Kepala Sekolah untuk membuka secara resmi kegiatan LDKS hari itu.
4. Sambutan Kepala Sekolah
-    disampaikan oleh bapak Drs. H. Wien Dwiyanto, S.H, M.M selaku kepala SMPN 1 Manyar yang baru bertugas per 1 Desember 2010.
-    Kepala sekolah berpesan agar pengurus OSIS pereode mendatang dapat aktif melaksanakan kegiatan sesuai program OSIS yang telah dibuat.

5. Penyematan Tanda Peserta LDKS oleh Kepala Sekolah
-    Kepala sekolah secara simbolis menyematkan tanda peserta LDKS kepada Hakam Pranatagama dan Aldena Binar F. yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta LDKS yang menandai secara resmi pembukaan LDKS OSIS SMPN 1 Manyar periode 2010-2011.

6. Penutup/doa
-    disampaikan oleh bapak Drs. Zuhri



     Setelah mengikuti prosesi pembukaan LDKS maka para peserta LDKS menerima penyampaiam materi pelatihan dari para penyaji, sesuai jadwal maka bapak Drs. Zuhri selaku pembina OSIS sekbid 1 [imtak] dan 2 [akhlak mulia] memaparkan berbagai kegiatan keagamaan di sekolah . Bapak Zuhri juga berpesan agar para pengurus OSIS bisa aktif menyukseskan kegiatan di atas tanpa disuruh-suruh bahkan harus bisa menjadi contoh bagi siswa yang lain dalam sikap dan perbuatannhya.

     Penyampaian materi latihan ke dua disampaikan oleh ibu Lilis pujiastuti selaku pembina OSIS sekbid 6[kewirausahaan] dan 7 [kesehatan] yang memaparkan tentang Kewirausahaan dan koperasi. Bu Lilis juga berpesan agar nanti pengurus OSIS ikut serta membantu mengelola Koperasi sekolah bahkan dipersilahkan memprogramkan kegiatan bazar maupun kantin kejujuran.

     Penyampaian materi latihan yang ke tiga disampaikan oleh ibu Samroatul Fuadah selaku pembina OSIS sekbid 8 [ seni budaya] dan 10 [ bahasa] yang memaparkan tatacara pembuatan proposal kegiatan di sekolah. Bu samroatul fuadah kemudian mengajak semua peserta secara berkelompok sesuai sekbid masing-masing berlatih membuat proposal kegiatan, terlihat para peserta secara antusias mencoba membuat proposal dibantu para pengurus OSIS pereode 2009-2010 . Sambil berdiskusi membahas proposal kegiatan per sekbid, para peserta menikmati snack dan minuman yang disajikan panitia.













Penyampaian materi latihan yang ke empat disampaikan oleh ibu Titik Sriani selaku pembina OSIS sekbid 3 [bela negara] dan 4 [prestasi] yang memaparkan materi kepemimpinan. Bu titik menerangkan prinsip-prinsip kepemimpinan serta memotivasi para peserta LDKS agar berprestasi sebagaimana tahun-tahun dulu baik di bidang akademis maupun ekstra kurikuler seperti PASUS, PRAMUKA maupun PMR. Bu titik juga menceritakan bahwa para mantan pengurus OSIS periode yang lalu banyak yang telah berprestasi, karena itu para pengurus OSIS yang baru diharapkan bisa berprestasi dan menjadi contoh bagi siswa yang lain.

     Penyampaian materi latihan terakhir disampaikan oleh bapak Taufiqur Rohman selaku pembina sekbid 5 [demokrasi] dan 9 [tik] yang mengajak peserta berlatih secara berkelompok per sekbid masing-masing untuk menyusun berbagai kegiatan yang akan diprogramkan oleh pengurus OSIS periode 2010-2011. Para peserta LDKS mendapat bahan materi contoh-contoh program OSIS serta blangko Program dan kegiatan OSIS per-sekbid yang harus diisi oleh masing-masing kelompok sekbid.





     Setelah menerima materi latihan dari 5 pembina OSIS maka para peserta LDKS beristirahat menikmati nasi krawu yang disajikan panita. Setelah makan siang maka para peserta bergegas menuju ke mushollah Al-Alim untuk melaksanakan kegiatan sholat berjamaah dhuhur. Sekitar jam 12.30 para peserta berganti pakaian olahraga untuk mengikuti kegiatan outbond yang dipandu instruktur klub pecinta alam.














      Kegiatan outbond siang itu dimulai dengan pengarahan urusan kesiswaan agar para peserta LDKS mengikuti outbond dengan baik, bapak susanto juga memimpin doa agar kegiatan outbond tersebut berlangsung lancar tidak ada insiden yang membahayakan.
Pada awalnya para peserta diajak bermain Siapakah saya, dimana secara berkelompok para peserta diadu kecepatannya dan kerjasamanya untuk menyelesaikan tugas dari para instruktur outbond.









      Selanjutnya para peserta diajak uji nyali berseluncur dari lantai 2 dengan menggunakan tali, ternyata para peserta sangat antusias mencoba permainan ini secara bergiliran walaupun kepanikan masih menghinggapi mereka saat mereka mulai berseluncur.





     Kegiatan outbond yang lain adalah meniti tali tambang diatas ketinggian 1,5 meter sepanjang 10 meter , tali tambang tersebut diikatkan pada dua pohon besar dimana para peserta berjalan di atas tali tersebut dengan berpegangan tali yang digantung di atasnya.





     Setelah kegiatan outbond diselesaikan maka para peserta LDKS mengadakan pelatihan upacara pelantikan pengurus OSIS baru,walaupun hujan mengguyur dan lapangan becek namun para peserta LDKS tetap bersemangat mengikuti kegiatan meski harus melepas sepatu dan pakaiannyapun basah. Sambil menunggu hujan reda, para peserta menikmati Snack dari panitia.







     Setelah seharian mengikuti kegiatan LDKS, maka urusan kesiswan bapak Susanto secara resmi menutup kegiatan LDKS hari itu dan berpesan bahwa besok acara latihan upacara pelantikannya dilanjutkan agar dapat lebih siap.


    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar